19 Makanan yang Mengandung Protein, Tubuh Semakin Sehat dan Kuat

makanan yang mengandung protein

Makanan yang Mengandung Protein Sangat Bagus Untuk Kesehatan Tubuh dan Memperkuat Otot

Makanan yang mengandung protein tinggi untuk menambah berat badan dan masa otot sehingga tubuh kita akan  semakin sehat dan kuat. Sumber protein dengan rasa yang lezat dan nikmat, sumbernya dari hewan dan nabati.

Kebanyakan dari kita asal perut kenyang dan enak itu sudah cukup, tanpa melihat nutrisi dari makanan yang kita makan salah satunya  asupan protein. Protein merupakan salah satu nutrisi zat gizi yang penting untuk kesehatan tubuh, juga sangat penting untuk pembentukan sel-sel tubuh. Mulai dari, pertumbuhan otot, peremajaan kulit, pertumbuhan rambut hingga berfungsi sebagai enzim hormon tubuh.

Disampaing itu juga protein sangat berperan penting untuk menambah berat badan, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kerapatan tulang dan dan menurunkan Osteoporosis, meningkatkan kualitas tidur, memperkuat otot serta mempercepat proses penyembuhan.

Protein Terdiri dari beberapa Asam Amino yang mana sebagian dapat diproduksi oleh tubuh, asam amino yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh adalah Asam Amino esensial yang kita peroleh dari sumber makanan. Dibandingkan protein dari hewani seperti daging, tumbuhan, ikan, susu, kecu dan telur mengandung semua Asam Amino yang diperlukan oleh tubuh.

Berikut, Beberapa Makanan Sumber Protein Tinggi

Langsung saja kita simak ulasan berikut, apa saja makanan sumber protein yang baik untuktuk kesehatan tubuh.

1. Daging Merah

Mengkonsumsi daging merah seperti kambing, domba dan sapi baik untuk tubuh. Selain sebagai sumber protein, daging merah berperan penting sebagai sumber Vitamin B12 dan zat besi, vitamin B12 merupakan vitamin yang sulit kita temui pada tumbuhan. Oleh karena itu, sebagian orang hanya mengkonsumsi protein dari nabati yang memiliki resiko kekurangan vitamin B12, di dalam daging merah sendiri zat besi terdapat dalam 2 bentuk: heme dan non-heme.

Zat besi heme merupakan zat besi yang lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan non-heme. Oleh sebab itu, mengkonsumsi daging merah sangat baik untuk memastikan kecukupan zat besi pada tubuh.

2. Daging Putih

Sebagai salah satu contoh daging putih ayam adalah makanan yang mengandung protein tinggi, sama halnya dengan daging merah ayam juga mengandung lemak dan kolestrol. Lemak pada ayam hanya terdapat banyak dibagian kulit dan paha ayam, pilihlah hanya bagian dada yang mengandung protein cukup tinggi.

3. Telur

Telur merupakan makanan yang sangat favorit dan sehat untuk dikonsumsi di pagi hari, selain menyehatkan telur merupakan sumber yang paling ideal untuk kesehatan tubuh. Mengapa begitu? Karena kualitas protein yang terdapat pada kuning telur dinilai dengan beberapa parameter salah satunya adalah Biological value (BV). Semakin tinggi nilai (BV) nya maka semakin mudah protein terserah oleh tubuh.

Dibandingkan dengan sumber protein lainnya nilai protein yang terkandung didalam telur adalah yang paling tinggi, yaitu 100 (BV).

4. Apel

Mengkonsumsi apel secara rutin dapat memperoleh tubuh kita semakin kuat, dari penelitian yang menunjukan bahwa apel sangat berperan penting untuk kesehatan tubuh dimana banyak sekali manfaat yang terkandung didalam apel. Misalnya, menguatkan sistem kekebalan dimana kemampuan ini apel adalah sumber protein nabati yang baik untuk tubuh.

5. Susu

Susu merupakan sumber protein paling terbaik yang memiliki BV hampir sama dengan telur. 80% protein yang terdapat pada susu merupakan protein kasein, sedangkan 20% sisanya adalah protein whey bagus untuk otot. Kombinasi dari jenis kedua protein ini akan mengoptimalkan latihan sixpack pada perut, protein whey dapat diserap oleh tubuh sehingga sangat cocok sekali untuk dikonsumsi sebelum latihan. Efek dari protein kasein sangat baik untuk ibu yang sedang hamil, karena dapat membantu mempertahankan kandungan selama ibu hamil sedang tertidur.

6. Yougurt Yunani

Greek yougurt merupakan tipe yougurt lembut kandungan proteinya dua kali lebih dari tipe yougurt biasa, disamping itu juga bagi orang yang memiliki penderita lactose intolerance (rentan terhadap protein susu) dimana mengkonsumsi susu dapat menyebabkan diare, mengkonsumsi yougurt jadi solusinya. Hal ini karena laktosa pada yougurt sudah dipecah melalui proses fermentasi.

7. Lentils

Jika diantara kamu ada yang vegetarian, lentils merupakan sumber utama makan protein terbaik bagi tubuh. Bahkan, ada juga yang menyebutkan lentils merupakan salah satu sumber protein nabati terbaik. Sayuran seperti ini mengandung serat yang mudah larut dan rendah kolestrol, selain itu juga kandungan yang terdapat pada lentils vitamin B dan folat sangat baik bagi ibu yang sedang hamil.

8. Quinoa

Merupakan biji-bijian yang populer saat ini, menjadi salah satu makanan terfavorit dunia, seperti biji gandum lainnya quinoa kaya akan asam amino essensial, sumber protein nabati tinggi. Selain itu, bersama-sama zat lainnya kalsium, zat besi, tembaga, dan potasuim quinoa dapat mencegah berbagai penyakit seperti diabetes tipe-2, serangan jantung, asma, dan batu empedu.

9. Brokoli

Salah satu sumber protein nabati terbaik yang banyak disarankan oleh para ahli, yakni brokoli. Brokoli merupakan sayuran hijau yang kaya akan protein, vitamin dan nutrisi, satu cup brokoli mengandung 4 gram lebih, bukan hanya itu saja, brokoli juga mengandung vitamin C, K, serat dan potasium, menjadikan makanan yang dapat menangkat serangan kanker.

10. Kacang kedelai 

 Selain kaya akan protein, kacang kedelai juga kaya akan zat iso-flavones seperti estrogen, yang dapat membantu mencegah kanker dan esteoporosis. Beberapa ahli mengatakan bahwa mengkonsumsi kacang kedelai dapat membantu mencegah resiko kanker payudara.

11. Seafood

Tentunya semua kita sudah tahu kalau makanan laut yang satu ini merupakan makanan yang tinggi protein. Berbeda dengan daging seafood memiliki kadar lemak yang rendah dibandingkan daging. Namun, pelu kita ketahui bahwa jenis seafood seperti ikan gindara yang memiliki kadar lemak yang sangat rendah, berbeda dengan dengan ikan tuna, ikan salmon jenis ikan ini memilikimkadar lemak yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, kita tidak usah khawatir karena kandungan lemak yang terdapat pada ikan tun adan salmon adalah lemak baik. yaitu, Omega3.

12. Pisang

Selain baik untuk diet, pisang juga termasuk salah buah-buahan sumber protein terbaik khususnya bagi mereka yang gemar sekali melakukan olahraga. Rata-rata 100 gram pisang mengandung 4 gram protein.

13. Edamame

Sering disebut sebagai kacang kedelai hijau, adalah salah satu jenisa sayuran tahan suhu dingin  yang didalamnya terdapat protein yang sangat baik untuk tubuh. Selain, protein tanaman ini juga mengandung berbagai vitamin, serat dan mineral. Faktanya protein pada edamame, sangat tinggi dan tidak ditemukan pada jenis sayuran lainnya.

14. Bayam

Bayam merupakan  sayuran kaya protein, semangkuk bayam sama dengan 5 gram protein  yang bisa menguatkan otot-otot lengan

15. Selai kacang tanah

Mengolesi selai kacang pada roti untuk sarapan dipagi hari sunggu keputusan yang sangat tepat, karena dibalik rasanya yang gurih, manis dan lezat ini mengandung banyak sekali protein tinggi. Hampir semua jenis kacang-kacangan merupakan sumber protein yang sangat tinggi.

16. Alpukat

Buah yang satu ini memiliki kandungan protein cukup tinggi baik dikonsumsi untuk semua kalangan usia. Tidak seperti makanan tinggi protein lainnya, alpukat adalah makanan yang mudah dicerna oleh tubuh dan dapat juga dibuat jus. Buah yang memiliki kandungan nutrisi dan protein tinggi berguna juga mencegah sel kanker.

17. Kacang Almond

Mengkonsumsi kacang almond setipa hari dapat membantu menurunkan kolestrol yang tinggi, serta mencegah berat badan semakin naik (gemuk). Bukan hanya itu, kacang almond merupakan sumber protein nabati yang kaya akan vitamin E, omega3, magnesuim, fosfor dan vitamin B2.

18. Keju Cottage

Adalah jenis keju yang memiliki kadar lemak dan kalori dangat rendah dibandingkan jenis keju lainnya. Kandungan protein didalam nya memiliki cukup banyak protein, terbuat dari bahan dadih memiliki rasa masam yang kaya akan vitamin B12, kalsium, fosfor.

19. Biji Labu

Jika anda tidak suka makanan daging, anda bisa mengkonsumsi bji labu merpakan makanan vegetarian yang tinggi kandungan proteinnya. Biasanya kita sering sekali membuang biji labu tanpa tahu bahwa biji labu memiliki kandungan seperti protein, serat, magnesium, seng dan zat besi.

Untuk mengkonsumsi biji labu ini cukuplah mudah, bisa anda rebus atau bisa juga di panggang selama 10 menit.

Mengkonsumsi makanan yang sehat dan gizi yang seimbang seperti sayura, dading, susu, kacang-kacangan, karbohidrat dapat membuat tubuh anda menjadi lebih kuat dan sehat dan tidak mudah terkena penyakit.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel