Tips Traveling Aman di Masa Pandemi, Ini Persiapan yang Harus Anda Lakukan

Tips Traveling Aman di Masa Pandemi, Ini Persiapan yang Harus Anda Lakukan - Semenjak wabah Corona melanda dunia, semua orang harus membatasi aktivitas dan mobilitasnya dengan cara melakukan karantina mandiri. Wajar jika lambat laun kondisi tersebut menimbulkan rasa jenuh dan bosan. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu jalan keluarnya adalah dengan melakukan traveling.

Jangan Sampai Ditinggalkan Beberapa Tips Traveling Aman dan Nyaman

tips traveling aman

Harapannya adalah, dengan traveling bisa mengurangi tingkat stres dan pikiran bisa kembali fresh. Untuk bisa mewujudkan hal tersebut, Anda harus menyesuaikan diri dengan kebiasaan dan kebijakan baru dalam berlibur. Ada beberapa hal yang harus disiapkan ketika akan traveling di masa pandemi. Beberapa persiapan tersebut diantaranya adalah:

1. Mematuhi Protokol Kesehatan

Sebelum bepergian, Anda harus mengikuti protokol kesehatan yang berlaku dan menjaga daya tahan tubuh tetap fit agar tidak mudah terinfeksi virus Corona. Jangan sampai, selama perjalanan Anda menjadi sakit, apalagi jika sampai menularkan virus Corona ke orang lain. 

Beberapa protokol kesehatan tersebut diantaranya adalah selalu menggunakan masker dan rutin cuci tangan dengan air dan sabun. Selain itu, Anda juga harus selalu membawa hand sanitizer dan semprotan disinfektan, membawa cadangan masker, serta menjaga jarak dengan orang di sekitar. Intinya, selain mencari kesenangan, faktor keselamatan harus jadi prioritas ketika mencari kesenangan saat traveling

2. Hindari Transportasi Umum

Sebisa mungkin, hindari menggunakan transportasi umum. Akan lebih baik jika saat traveling Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi. Jika hal tersebut tidak memungkinkan, misalnya jarak tempuh yang terlalu jauh untuk menuju lokasi wisata atau tidak memiliki kendaraan pribadi. 

Anda bisa menerapkan tips traveling aman ini dengan minta untuk diantarkan ke bandara atau stasiun kepada orang yang Anda kenal (keluarga atau sahabat). Jika terpaksa menggunakan transportasi umum atau layanan taksi online, sebisa mungkin hindari untuk menyentuh permukaan di dalam transportasi tersebut. 

3. Bawa Barang Bawaan Sendiri dan Lakukan Check-In Online

Ketika sampai di bandara atau stasiun, usahakan untuk meminimalkan interaksi dengan orang lain. Caranya adalah dengan membawa barang bawaan sendiri, melakukan check-in online, dan unduh mobile boarding pass. Jangan lupa untuk membawa barang sesuai kebutuhan dan tidak memberatkan pada saat perjalanan. Untuk menghindari kesalahan saat traveling kunjungi 5 Kesalahan Umum Saat Travelling dan Cara Menghindarinya

4. Pahami Peraturan Pemerintah

Setiap daerah tentu memiliki kebijakan masing-masing dalam menangani Covid-19. Untuk itu, sebelum memasuki wilayah tertentu, sebaiknya Anda mencari informasi terlebih dahulu mengenai peraturan yang berlaku di daerah tersebut. Pahami dan patuhi apa saja persyaratan khusus untuk datang ke sana atau saat akan kembali ke daerah asal. 

5. Pilih Tempat Wisata Aman

Sebelum memulai perjalanan wisata, pahami bahwa tidak semua tempat wisata bisa dan aman untuk dikunjungi. Untuk itu, gali informasi terlebih dahulu apakah lokasi wisata tujuan Anda tidak berada dalam zona merah Corona dan telah dibuka. 

Berlibur bisa menjadi alternatif penghilang stres yang ampuh. Usahakan untuk mematuhi protokol kesehatan, menjaga stamina, dan meminimalisir interaksi dengan orang lain. Dengan mempersiapkan segala sesuatu sejak dini dan menerapkan tips traveling aman tersebut, maka perjalanan wisata yang Anda lakukan bisa berjalan dengan aman dan lancar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel