5 Wisata Sejarah di Ambon yang Wajib Dikunjungi

5 Wisata Sejarah di Ambon yang Wajib Dikunjungi – Ambon merupakan salah satu kota wisata paling ramai di Indonesia. Pengunjung kota ini tidak hanya wisatawan dari dalam negeri melainkan para traveler dari berbagai negara. Mereka yang berkunjung ke Ambon akan merasakan serunya wisata di tempat-tempat menarik.

Ambon tidak hanya direkomendasikan untuk tujuan menyegarkan pikiran dengan traveling. Pun Ambon juga tidak hanya tentang kuliner khasnya yang memanjakan selera. Kota ini juga memiliki banyak destinasi wisata sejarah. Jadi ketika mengunjunginya, Anda bisa memperkaya wawasan. Inilah tempat wisata sejarah yang ada di Ambon.

tempat wisata sejarah di ambon

Benteng Amsterdam

Tempat wisata sejarah di Ambon ini merupakan peninggalan penguasa VOC yang pernah mendiami Ambon. Meskipun kenyataannya benteng ini pertama kali dibangun bukan oleh Belanda melainkan oleh Portugis. Bangunan ini sempat mengalami perluasan dan penambahan di beberapa bagian. Karena tampilannya yang kuno, benteng ini kerap dijadikan latar belakang foto bertema klasik.

Benteng Ferangi

Tidak berbeda dengan Benteng Amsterdam, Benteng Ferangi juga dibangun oleh Portugis. Orang Portugis memanfaatkan benteng ini untuk menyimpan rempah-rempah. Namun sejak Belanda datang dan mengalahkan Portugis, benteng ini kemudian beralih dikuasai bangsa Belanda. Di balik kisah sejarahnya yang terus diingat, benteng ini kini menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Ambon.

Taman Pattimura

Seperti namanya, taman ini memang dibangun untuk tujuan mengenang jasa dan perjuangan Kapitan Pattimura dalam mendapatkan kemerdekaan untuk bangsa Indonesia. Pahlawan yang tergambar pada mata uang Rp 1000 itu memang sangat gigih dalam melawan penjajah Belanda kala itu. Tentu Anda akan menemukan patung sang pahlawan jika berkunjung ke taman ini sekaligus bisa belajar sejarah tentang Kapitan Pattimura.

Taman Makam Persemakmuran Ambon

Kata persemakmuran yang melekat pada tempat ini bukan berarti wilayah bekas jajahan bangsa Inggris. Taman Makam Persemakmuran Ambon menjadi tempat untuk menyimpan jasad lebih dari 3.000 pasukan sekutu yang melawan Jepang pada Perang Dunia II. Maka tidak heran jika tempat wisata sejarah di Ambon ini akan ramai pada tanggal 10 Nopember yang merupakan Hari Pahlawan. Dulunya taman ini diberi nama Ambon War Cemetery.

Museum Siwalima

Jika ingin berada dalam satu tempat yang bisa dijadikan ajang belajar sejarah, maka Museum Siwalima adalah jawabannya. Anda bisa melihat benda-benda peninggalan masa penjajahan. Benda-benda kuno yang digunakan masyarakat pada waktu itu juga tersedia di museum ini, semisal jaring dan perahu yang digunakan untuk menangkap ikan. Anda akan belajar banyak hal juga tentang kehidupan masyarakat Ambon di masa lampau.

Mengunjungi wisata sejarah di Ambon adalah hal yang penting untuk mengingat kembali sejarah negara ini di masa lampau. Dengan berbagai perubahan yang sudah dilakukan, tempat-tempat tersebut kini menjadi destinasi wisata menarik di kota Ambon. Jadi pastikan tidak terlewat untuk mengunjungi kelimanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel