Kiat Tetap Aman dan Nyaman Traveling saat Hamil

Kiat Tetap Aman dan Nyaman Traveling saat Hamil - Bagi sebagian ibu hamil, melakukan perjalanan jauh menjadi satu aktivitas yang mendebarkan. Bagaimana tidak, banyak sekali yang harus dipertimbangkan jika ingin melakukan hal tersebut. Mulai dari faktor kesehatan hingga kenyamanan calon ibu selama dalam perjalanan, semua itu patut diperhitungkan.

Tips Nyaman Traveling Saat Hamil

traveling saat hamil

Sebenarnya, tidak ada larangan bagi ibu hamil untuk melakukan traveling. Asalkan aktivitas tersebut tidak terlalu menyulitkan sekaligus melelahkan. Agar rencana perjalanan Anda tetap bisa berjalan dengan aman dan lancar, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Tips-tips tersebut diantaranya adalah sebagai berikut: 

Konsultasi dengan Dokter

Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan langganan Anda. Sampaikan niat Anda dan tanyakan apa saja anjuran dan pantangan yang harus dipatuhi. Sebaiknya, lakukan perjalanan saat usia kandungan sudah di trimester kedua kehamilan. Sebab, rasa mual dan muntah biasanya sudah bisa diatasi pada trimester kedua kecuali ada riwayat kesehatan tertentu. 

Pilih Alat Transportasi

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika akan memilih alat transportasi, yaitu faktor kesehatan, kenyamanan, dan keselamatan bagi calon ibu dan calon bayinya. Anda bisa memilih kendaraan pribadi, kereta, bus, atau alat transportasi yang lain ketika akan traveling. Pilih alat transportasi yang menurut Anda paling nyaman dan aman serta sesuai dengan dana yang Anda miliki.  

Pilih Pakaian yang Nyaman dan Tidak Terlalu Ketat

Tampil modis saat berlibur menjadi satu keharusan bagi sebagian orang, terutama kaum wanita. namun, hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat, terutama bagi Anda yang akan traveling saat hamil. Sebaiknya, gunakan pakaian yang longgar dan nyaman serta pilih bahan yang mudah menyerap keringat. Untuk alas kaki, sebaiknya gunakan sepatu flat shoes atau sandal agar Anda bisa bebas bergerak.

Ketika kamu mau liburan bersama keluarga atau teman, sahabat dan pasangan tapi kamu kekurangan budget. Berikut tips traveling low budget

Jaga Pola Makan

Bagi ibu hamil, sebelum bepergian sangat disarankan untuk makan terlebih dahulu. Bila perlu, bawa makanan dan camilan serta air putih sebagai bekal selama dalam perjalanan. Sebab, para ibu hamil umumnya mudah lapar dan haus. Selain itu, dengan membawa bekal sendiri tentunya faktor kebersihan dan juga kandungan nutrisinya akan lebih terjamin. 

Istirahat yang Cukup

Para wanita yang sedang hamil tentu akan merasa mudah lelah sehingga butuh istirahat ekstra. Untuk mengurangi rasa lelah, Anda bisa mengubah posisi duduk Anda sesering mungkin. Agar kaki tidak bengkak dan kram, letakkan barang bawaan di depan bangku Anda sebagai pijakan. Jika menggunakan kendaraan pribadi, jangan ragu untuk meminta berhenti dan istirahat sejenak jika badan Anda sudah mulai merasa lelah. 

Selain berkonsultasi kepada dokter kandungan, ketika akan traveling saat hamil, Anda juga harus mempertimbangkan alat transportasi yang akan digunakan, memilih pakaian dan alas kaki yang nyaman, membawa bekal, dan istirahat yang cukup. Dengan mengetahui hal-hal tersebut, maka perjalanan Anda akan menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel