Cara Membuat Proposal Yang Baik dan Benar | Langsung Jadi

Cara Membuat Proposal - Halo kembali lagi bersama jitek1 blog tutorial dan edukasi membuat sesuatu yang susah menjadi lebih mudah. Baiklah, pembahasan kali ini adalah Cara Membuat Proposal.

Cara Membuat Proposal Yang Baik dan Benar

Proposal itu adalah rencana yang dituangkan kedalam bentuk kerja, perencanaan secara sistematis, matang dan sangat teliti yang di buat oleh seorang peneliti sebuat melakukan penelitian, baik peneliti di lapangan maupun peneliti di perpustakaan.

Tehnik Cara membuat Proposal

Lalu apa saja yang ada di dalam Proposal

Berikut ini saya akan jelaskan unsur-unsur sebelum anda membuat proposal.

  1. Latar belakang masalah
  2. Rumusan masalah
  3. Tujuan penelitian
  4. Hipotesis
  5. Asumsi penelitian
  6. Manfaat Penelitian
  7. Ruang lingkup
  8. Kajian pustaka
  9. Definisi Operasional

Terdapat juga beberapa jenis proposal yang terbagi menjadi 3. Berikut Penjelasannya

JENIS-JENIS PROPOSAL SECARA UMUM

1. Proposal Bisnis

Proposal usaha atau proposal bisnis merupakan proposal yang sangat berkaitan di dunia usaha atau rencana-rencana kerja yang disampaikan oleh perorangan maupun kelompok kepada investor.

2. Proposal Kegiatan

Proposal kegiatan merupakan salah satu pengajuan rencana kegiatan baik individu maupun kelompok. Contok proposal kegiatan, diantarany proposal kegiatan lomba, proposal kegiatan pramuka atau kegiatan sekolah dan lain-lain.

3. Proposal Proposal penelitian

Proposal penelitian merupakan sebuah acuan, ide, usulan atau gagasan yang dapat ditujukan kepada badan, instansi untuk mengadakan sebuah penelitian terhadap sebuah masalah. Proposal ini berisikan tentang gambaran singkat, penelitian, tujuan, dan latar belakang serta tujuan lainnya.

4. Proposal Wirausaha

Merupakan proposal yang ingin dibuat ketika kita ingin melakukan usaha. Dalam proposal wirausaha perlu dipahami pada siapa proposal ditujukan, apakah kepada pihak Owner (Pihak intens yang memiliki jabatan yang lebih tinggi), lembaga pendidikan ataupun kepada pihak sponsor.

Cara Membuat Proposal Berdasarkan Bentuknya

1. Proposal Formal

Bagian proposal terdiri dari latar belakang, pembatasan masalah, tujuan ruang lingkup, pemikiran dasar, metodologi, fasilitas, personalia, keuntungan dan kerugian, waktu, dan biaya. Sedangkan bagian pelengkap seperti penutup berisikan daftarpustaka, lampiran, dan tabel.

2. Proposal Non Formal

Proposal non formal berupakan varian atau bentuk lain dari bentuk proposal formal karena tidak memenuhi syarat-syarat tertentu atau tidak selengkap seperti formal. proposal non formal biasanya di sampaikan dalam bentuk surat sehingga sebuah proposal harus mengandung hal-hal berikut yaitu, masalah, saran, pemecahan, dan permohonan.

Baca Juga : Cara Edit Foto Menjadi Anime

Bagaimana Cara Membuat Proposal Yang Baik?

Sebelum membuat proposal hal yang haru kamu perhatikan

Judul

  1. Membuat judul dan metode yang digunakan
  2. Lambang Universitas
  3. Nama
  4. Nim dan detail Universitas
  5. Kota dan Tahun

Daftar Isi

  1. Daftar Halaman
  2. Daftar Tabel
  3. Daftar Gambar
  4. Daftar Lampiran

Kata Pengantar

  1. Ucapan Syukur
  2. Penjelasan Tugas dan Bantuan
  3. Ucapan Terimakasih Kepada Seseorang
  4. Harapan Penulis
  5. Manfaat Bagi Pembaca

Dalam Bebagai organisasi pemerintak maupun organisasi yang lain tidak akan lepas dari program-program kerja dari suatu masa pengurusan, biasanya pengurusan membentuk sebuat panitia kerja yang dimana tidak terlepas dari yang nama nya proposal untuk mengajukan permohonan ataupun proposal penelitian.

Dari beberapa point tersebut sebagai latar belakang kamu harus menjelaskan apa saja latar belakang yang ingin kamu ajukan permohonan ataupun yang lain.

Nah, itulah berbagai teknik-teknik dan pengertian cara membuat proposal yang baik dan benar, bagi kamu yang ingin membuat proposal kamu harus membangun untuk apa dan apa manfaat proposal yang di buat tersebut. Semoga bermnafaat dan bisa lancar untuk membuat proposalnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel