Cara Mudah Isi Bisnis Model Canvas Untuk Anda Sebagai Pemula

Bisnis model Kanvas biasanya dipake untuk memetakan bisnis berguna bagi kalian yang mau mencari usaha atau melakukan usaha, atau ini juga bisa digunakan untuk memetakan bisnis-bisnis dari itu sendiri.

Bagi kalian yang bisnisnya sudah berjalan Bisnis Model kanvas ini bisa dipergunakan untuk memetakan ulah usaha anda yang sedang kalian jalankan. Beberapa alat yang bisa anda gunakan untuk strategi kanvas :

1. Kertas Bisnis bisa anda dapatkan di (strategyzar)
2. Kertas Notes
3. Pulpen
4. Isolatif kertas

Jika model kanvas sudah siap maka anda juga siap untuk merancang bisnis apa yang sedang anda jalani. Baiklah kita akan membahas bisnis Model, di akhir kelas ini kamu juga diharuskan untuk submit ide bisnismu. Jadi, simak dan pahami baik-baik, ya.

Memperoleh Manfaat

Bisnis model adalah metode untuk menjelaskan bagai mana sebuah ide bisnis dapat memberikan manfaat kepada konsumennya, untuk mengaplikasikannya kita membuat rancangan dari ide bisnis kita dengan Business Model Canvas.

Cara Isi Bisnis Model Canvas

Bisnis Moedel Canvas adalah cara untuk menggambarkan model bisnis secara menyeluruh dalam bentuk visual satu halaman, dengan bisnis model canvas kita dapat rancangan cara berfikir, pemahaman kita, bahasa dan fokus pada bisnis tujuan anda.

Bisnis model canvas untuk pemula

Nah, cara merancang Bisnis Model Canvas adalah dengan menjabarkan bisnis 9 unsur penting dari ide bisnis yang akan di buat. Pertama-tama kalian harus isi.

Bisnis model canvas untuk pemula

  1. Kolom no satu yaitu target pasar, siapa target pasar yang ingin kita jual. Misalkan, kita membuat bisnis baju untuk teman-teman yang ingin mencari baju dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau. Nah, dari situ kita punya bayangan terhadap solusi yang tepat dari masalah yang mereka hadapi dari kolom kedua.
  2. Di kolom kedua ini, kita susun hal-hal yang bisa menjawab permasalahan target sebagai solusi produk yang kita punya. setelah itu, kita harus bisa menentukan media apa yang tepat untuk mengkomunikasikan dan mendistribusikan bisnis yang kita punya.
  3. Kolom no tiga contohnya, dari karakter target konsumen dan solusi tadi, selai toko kita juga bisa menjual baju secara online dan menaruhnya di beberapa ritel supaya mudah di dapat.
  4. Lalu dikolom ke empat, kita bisa tentukan cara berinteraksi dengan konsumen. Dengan menggunakan pendekatan langsung seperti customer service atau secara otomatis seperti aplikasi, live chat dan sosila media.
  5. Saatnya menentukan dari masa bisnis kita mendapatkan keuntungan dari mana bisnis kita dapat. Seperti bisnis sepatu yang akan kita buat, pendapatan berasal dari setiap sepatu yang kita jual.
  6. Kolom keenam akan terisi dengan apa yang harus kita punya untuk mendukung bisnis seperti aplikasi dan pegawai.
  7. Kita tentukan kegiatan apa saja yang harus dilakukan supaya ide bisnis sesuai dengan ide rencana yang sudah kita susun tadi seperti mendesain produk pemasaran dan pemeliharaan.
  8. Kita tentukan siapa supplier dan pather yang tepat untuk bisnis kita. Seperti menentukan vendor untuk produksi brand ambassader untuk promosi dan juga jasa kurir untuk produksi.
  9. Kita akan menjelaskan apa saja biaya yang harus kita keluarkan untuk ide bisnis. Untuk kasus bisnis sepatu biaya yang harus di keluarkan meliputi biaya vendor baju, gaji karyawan, biaya pemasaran dan promosi, sampai biaya operasional toko.

Setelah semua bisis model canvas terisi langkah berikutnya adalah merancang gambaran pengeluaran dan pendapatan dengan membuat perkiraan keuangan.

Itu saja cara mudah Isi Bisnis Model Canvas semoga bisa bermanfaat untuk kalian yang sedang merancang bisnis dan yang sudah berbisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel